APJP Ingin Aplikasi iCargo di Semua Shipping Line
APJP Ingin Aplikasi iCargo di Semua Shipping Line
8 February 2017
Share

Aplikasi iCargo kini banyak digunakan oleh para pemain industri logistik di pelabuhan. Yang terbaru, PT Integrasi Logistik Cipta Solusi Tbk (ILCS) dan Asosiasi Perusahaan Jalur Prioritas (APJP), serta Perhimpunan Pusat Logistik Berikat Indonesia (PPLBI) menjalin sinergi implementasi layanan iCargo.

Dalam keterangan yang diterima VIVA.co.id, Rabu 8 Februari 2017, iCargo ini merupakan solusi logistik untuk memudahkan pengguna jasa (Cargo Owner/Consignee dan Freight Forwarder) dalam melakukan permohonan dokumen DO secara online tanpa harus datang ke Shipping Line.  

 

Dikatakan Direktur Utama ILCS, Yusron Hariyadi, aplikasi tersebut memiliki benefit, antara lain proses online itu memberikan efisiensi, tidak hanya waktu tapi juga biaya, mengurangi antrian loket, terhindar dari kemacetan trafik dan juga keamanan bertransaksi.  

 

"Cara ini juga dapat memangkas waktu post clearance dalam pengurusan pengeluaran barang dari pelabuhan. Transaksi pun dilakukan secara elektronik dengan metode cashless transaction. Ini didedikasikan untuk digitalisasi Pelabuhan Indonesia sehingga memudahkan pelaku logistik, terutama shipping line," ujar Yusron. Ditambahkan Hermiyana, dari KPU Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok, iCargo dipercaya bisa mempercepat proses post clearance bahkan mungkin akan membantu menurunkan angka Dwelling Time dan biaya logistik Indonesia. iCargo atau DO Online, disebut Hermiyana, merupakan salah satu impian dan terobosan untuk pelaku eksport impor terutama di Pelabuhan Tanjung Priok, inisiasi ini sudah dilakukan sejak lama.  

 

Transaksi pembayaran administrasi kepelabuhanan dan pencetakan dokumen DO secara online membuat keamanan dari proses operasi DO dapat lebih terjamin, disamping efisiensi dan efektivitas yang meningkat karena berkurangnya proses manual dalam pengambilan DO.  

 

“Kedepannya, kami berharap iCargo dapat diterapkan di semua Terminal Operator dan shipping line yang terintegrasi dalam iCargo ini,” jelas Cornelius F. Atmadjie dari APJP.  

 

(asp)

Sumber : Viva.co.id