Presiden yakin digitalisasi kepabeanan dan perizinan tingkatkan ekspor
Presiden yakin digitalisasi kepabeanan dan perizinan tingkatkan ekspor
27 March 2018
Share

Cileungsi, Bogor (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo meyakini ekspor akan meningkat setelah fasilitas kepabeanan dan perizinan telah mengalami proses digitalisasi atau bisa diakses secara daring.

"Meningkat pasti karena tadi proses-proses yang dipercepat dan dipersingkat," kata Presiden Joko Widodo setelah acara Silaturahmi Presiden dengan pengguna fasilitas kepabeanan dan peluncuran perizinan online dilaksanakan di PT Samick Indonesia di Desa Cileungsi Kidul, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Selasa.

Presiden menyempatkan diri untuk meninjau secara singkat PT Samick Indonesia yang selama ini memproduksi alat-alat musik khususnya piano dan gitar.

Mantan Gubernur DKI itu memang menginginkan agar proses perizinan dilakukan secara online dan dibuat seefisien semudah mungkin.

"Saya kira akan memberikan motivasi yang baik pada investor terutama orientasinya ekspor, industri orientasinya ekspor, dan pabrik-pabrik yang orientasinya ekspor," kata Presiden yang saat meninjau pabrik mengenakan rompi warna biru seragam Bea Cukai.

Presiden menegaskan Indonesia memerlukan dua hal penting yang dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi yakni investasi dan ekspor.

"Kalau ada kemudahan itu jadi meningkat, kunci pertumbuhan ekonomi kita ada di sini," katanya.