1st Leader’s Talk – Jembatani Anggota, PPLBI adakan Leader’s Talk dengan tema Kiat Sukses Menjadi PLB Teladan
1st Leader’s Talk – Jembatani Anggota, PPLBI adakan Leader’s Talk dengan tema Kiat Sukses Menjadi PLB Teladan 1st Leader’s Talk – Jembatani Anggota, PPLBI adakan Leader’s Talk dengan tema Kiat Sukses Menjadi PLB Teladan
8 November 2022
Share

Selasa, 8 November 2022

Perkumpulan Pusat Logistik Berikat Indonesia (PPLBI) menggandeng Direktorat Fasilitas Kepabeanan, Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai, Kantor Wilayah Jakarta dan KPPBC Marunda untuk mengadakan acara Leader’s Talk. Ketua Umum PPLBI Utami Prasetiawati mengatakan, program ini akan menjadi acara rutin PPLBI sebagai wadah diskusi antara anggota PPLBI dengan policy maker atau sebaliknya, serta diharapkan PLB/PDPLB akan bisa membawa amanah dan semakin maju.

 

Acara ini dilakukan secara daring (zoom) dengan peserta sekitar 75 orang dengan menghadirkan narasumber sebagai berikut :

  1. Bp. Untung Basuki – Selaku Direktur Fasilitas Kepabeanan DJBC RI
  2. Bp. Rusman Hadi – Selaku Kepala Kantor Wilayah Jakarta (Kanwil Jakarta)
  3. Bp. Muhtadi – Kepala Kantor Pengawas dan Pelayanan Bea dan Cukai Marunda (KPPBC Marunda)
  4. Ibu Untari – Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai (Direktorat IKC)

Dalam acara Leader’s Talk ini, Bp. Untung Basuki menyampaikan bahwa peran logistik sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, optimisme pelaku usaha harus tetap dibangun dan peluang yang ada untuk tetap dimanfaatkan. Pelaku usaha PLB/PDPLB harus tetap menjaga kepatuhan baik secara administrasi ataupun inventory, serta pelaku usaha diharapakan bisa memanfaatkan National Logistics Ecosystem (NLE).

Bp. Rusman Hadi juga menyampaikan harapannya leader’s talk bisa menjadi ajang akselerasi untuk penyelesaian di lapangan jadi anggota diharapkan bisa menyampaikan kejadian di lapangan sehingga terbentuk harmoni kerjasama antara Bea Cukai sebagai pelayanan dan pengguna jasa terjalin dengan baik.

Bp. Muhtadi menyampaikan menjadi PLB teladan harus dipupuk dan dikembangkan untuk menjadi pilar rantai logistic nasional, dalam acara ini beliau menyampaikan materi hasil monitoring dan evaluasi PLB/PDPLB di bawah pengawasan KPPBC Marunda.

Ibu Untari dari Direktorat IKC menyampaikan materi terkait e-seal dan menyampaikan bahwa IKC sudah mengembangkan aplikasi e-seal akan ditampilkan dalam bentuk visualiasi.

Setelah penyampaian materi oleh empat narasumber diatas, ada sesi diskusi dan tanya jawab antara anggota dengan Direktorat Fasilitas Kepabeanan, Direktorat IKC, Kantor Wilayah Jakarta dan KPPBC Marunda. Dalam sesi ini para anggota PPLBI sangat antusias bertanya dan dari Bea Cukai juga memberikan masukan, saran dan arahan atas pertanyaan atau permasalahan dari anggota.

Dari hasil kuesioner feedback, anggota PPLBI menyampaikan bahwa narasumber dan konten/isi materi sudah sesuai harapan, serta penyampaian materi mudah dimengerti. Semoga apa yang telah disampaikan dapat memberikan pencerahan dan wawasan yang bermanfaat untuk semua anggota PPLBI. Sebagai informasi resume dan materi leader’s talk dapat diakses di website PPLBI.